Sobokarti, Bangunan Tradisional yang Masih Dijaga Kelestariannya



Mungkin tidak banyak masyarkat yang mengetahui bangunan ini. Sobokarti adalah sebuah gedung perkumpulan seni budaya yang pernah berjaya sekitar satu abad lalu. Gedung Sobokarti berada di Jalan Dr Cipto Semarang.

Jika melintasi jalan dr.Cipto cobalah tengok ke arah kanan setelah pombensin pertama. Bangunan ini sangat mudah dikenali identitasnya. Ini dikarenakan tulisan besar dipinggir jalan yang memudahkan mata melihatnya.

Sobokarti sendiri dirancang oleh Thomas Karsten, arsitek yang merancang Pasar Johar. Dalam rancangan untuk gedung Sobokarti, Karsten memadukan konsep pertunjukan Jawa yang biasa digelar di pendapa dengan konsep gedung teater barat.

Karena tua, Gedung Sobokarti oleh pemerintah kota Semarang dikategorikan sebagai bangunan cagar budaya (BCB) yang harus dilestarikan dan dirawat. Kini gedung itu sebagian besar masih dibiarkan asli seperti sedia kala.


Ruang depan Sobokarti, kisi-kisi kayu yang khas masih tetap ada. Pintu, jendela, pilar-pilar, panggung, balkon penonton, bahkan lubang-lubang proyektor film masih tetap ada. Itu menandakan Sobokarti juga pernah digunakan sebagai gedung bioskop pada zamannya.

Tahun 2011 ini Sobokarti mendapat bantuan dana untuk membangun areal parkir. hampir satu miliar rupiah digelontorkan untuk menata kembali Sobokarti. Hal itu seiring dengan semakin banyaknya kegiatan kesenian di gedung tua ini.

Setidaknya, pada setiap hari Sabtu Legi dalam sebulan, gedung Sobokarti digunakan untuk pentas wayang kulit, dengan nama "Pentas Setu Legen", yang menampilkan wayang kulit dan banyak dalang.

Tidak itu saja, hampir setiap hari Sobokarti digunakan untuk latihan karawitan, tari, dan pranatacara, terutama diikuti oleh anak-anak serta mahasiswa. Bagaimana, sudah tahu tentang bangunan ini.

Sumber : Suaramerdeka.com

Alamat Sobokarti :  Jl. Dr. Cipto No.31-33, Semarang

Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Parkir di DP Mall Kini Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?