Berwisata di Perkebunan Teh Tambi


Pagi menjelang, sinar matahari sudah menyapa kami. Kehangatan yang terpancar tidak bisa menutupi suasana dingin di area perkebunan teh Tambi. Hari ini (27/3), kami akan berwisata alam Pengunungan yang berada di dataran tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo.

Jaket tebal yang kami gunakan setidaknya bisa menutupi tubuh ini. Namun, tidak bisa menutupi rasa kagum dan bahagia kami setelah melihat pemandangan hijau tepat didepan kami. Semua tampak teratur dan rapi. Untuk luas sendiri, kawasan ini memiliki luas lahan 829,14 hektar. Dan pastinya dilengkapi fasilitas dengan penginapan.

Menyusuri jalan setapak demi setapak, kami berhenti di area yang cukup cantik untuk mengabadikan moment disini. Pemandu kami begitu semangat memberikan informasi seputar Tambi, begitu pula romobongan kami yang sebagian besar sudah tidak sabar memotret tiap sudut.

Pemandu kami banyak bercerita tentang sejarah tempat ini. Dimulai dari tahun 1885 perkebunan ini merupakan milik Belanda dengan nama Bagelen Thee & Kina Maatschappij yang dikelola oleh NV John Peet berkantor di Jakarta.

Setelah Indonesia merdeka, diambil alih oleh Pemerintah Republik Indonesia, yang selanjutnya setelah Konferensi Meja Bundar kembali diserahkan kepada pemilik semula. Tahun 1954 perkebunan dijual kepada NV Eks PPN (Pegawai Perkebunan Negara) Sindoro Sumbing.

Tahun 1954 NV Eks PPN Sindoro Sumbing bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Wonosobo mendirikan sebuah perusahaan baru bernama NV Tambi dan yang sekarang telah berganti nama menjadi PT Tambi. Panjang yah, kalau diceritakan. Selanjutnya adalah memetik teh.


Setelah mendapat intruksi, mereka mulai berjajar untuk mencoba mempraktekkan bagaimana memetik teh langsung dari pohonya. Rombongan kami yang sebagian besar adalah mahasiswa asing tentu sangat senang mendapatkan pengalaman ini. Jepretan kamera para jurnalis saat itu seolah mendapatkan sasaran empuknya, mengabadikan setiap ekspresi yang mereka dapatkan.

Perkebunan Teh Tambi diapit 6 pegunungan. Nama dua gunung yang cukup terkenal seperti Dieng dan Sumbing adalah nama-nama yang begitu akrab ditelinga kami. Untuk kemari sekitar 16 km arah utara Kota Wonosobo, Jawa tengah atau kurang lebih 20 menit perjalanan dengan mobil.

Pabrik Teh

Puas dengan pemandangan yang serba hijau, tea Walk atau berjalan- jalan mengelilingi kebun teh dilanjutkan ke sebuah pabrik yang sangat besar disini. Biasanya yang kami tahu teh itu dipetik dan tahu-tahu jadi minuman, di pabrik inilah kami dapat melihat lebih dekat bagaimana proses teh tersebut menjadi apa yang kami minum.


Namanya juga baru pertama, rombongan kami seolah terbuai dengan suasana. Berkali-kali mereka begitu senang memamerkan kenarsisan diri mereka melalui kamera. Sangat fun dan seru melihat mereka.

Ada beberapa ruangan yang kami kunjungi disini. Sampai diruangan terkahir, kami melihat beberapa white board yang bertuliskan negara tujuan export. Mulai dari negara USA, Rusia, Belanda, Arab, India dan Jepang. Bangga sekali bukan, orang Indonesia ini memang hebat-hebat.

Akhirnya, wisata kami disini ditutup dengan photo bersama. Lega rasanya mendapatkan pengalaman dan informasi baru dari perkebuanan Teh Tambi. Dan tak lupa kami juga mendapatkan buah tangan atau oleh-oleh dari sini langsung.

Alamat Perkebunan Teh Tambi

Terletak di Desa tambi Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah yang untuk menuju lokasi Agrowisata Kebun Teh Tambi yang dapat di tempuh dengan kendaraan pribadi yang berjarak 16 km dari kota Wonosobo atau dapat menempuh dengan kendaraan umum dengan mengunakan Trasportasi Bus jurusan Wonosobo- Dieng dan turung di Desa Tambi di lanjutkan dengan berjalan kaki ke lokasi sejauh kurang lebih 200 meter.

Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

  1. I’m not that much of a online reader to be honest but your blogs really nice, keep it up! I'll go ahead and bookmark your website to come back later on. Cheers

    ReplyDelete
  2. Right now it appears like BlogEngine is the best blogging platform out there right now. (from what I've read) Is that what you are using on your blog?

    ReplyDelete
  3. Music started playing as soon as I opened up this internet site, so frustrating!

    ReplyDelete
  4. I really like your blog.. very nice colors & theme. Did you make this website yourself or did you hire someone to do it for you? Plz respond as I'm looking to construct my own blog and would like to know where u got this from. thanks a lot

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Parkir di DP Mall Kini Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?