Langsung ke konten utama

Candi Sukuh, Bangunannya Mirip dengan Piramid Suku Maya


Mungkin namanya begitu kurang familiar ditelinga kami atau anda. Tapi, tempat wisata yang berada di desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, 27 Km arah timur dari kota Karanganyar ini, wajib masuk daftar kunjung wisata anda ke Jawa Tengah. Selain dikelilingi keindahan alam disekitarnya, Candi Sukuh banyak menyimpan sejarah yang menarik dengan bangunannya yang unik.


Berada diketinggian 910 meter diatas permukaan air, Candi sukuh terbilang berada dikawasan yang sangat tinggi jika anda ingin kesini. Beberapa tanjakan curam cukup membuat jantung kami degdegan. Bahkan, semua perangkat telephone kami seolah tak berfungsi saat tiba disini. Semua jaringan hilang begitu saja.


Untuk bisa masuk ke candi yang dibangun 1437 M ini, anda harus membayar 2.500 rupiah untuk wisatawan lokal, dan 10 ribu untuk wisata luar. Kawasan candi ini tidaklah seluas seperti candi Borobudur atau Prambanan. Bangunan utamanya berada ditengah-tengah dengan tingkatan yang berbeda setiap tingkatannya.



Layaknya sebuah rumah besar yang memiliki luas halaman yang sangat luas, kawasan candi Sukuh harus dilalui dengan jalan kaki melewati tangga-tangga. Pemandangan unik langsung menyambut mata kami yang masih jalan-jalan wisata bareng Disbudpar Jateng.



Bentuk Candi Sukuh yang berupa trapesium memang tak lazim seperti umumnya candi-candi lain di Indonesia. Sekilas tampak menyerupai bangunan suku Maya di Meksiko atau suku Inca di Peru. Candi ini juga tergolong kontroversial karena adanya objek-objek lingga dan yoni yang melambangkan seksualitas.


Candi Sukuh sering dikatakan sebagai candi yang paling erotis di seluruh dunia, dikarenakan banyaknya patung dan relief lingga dan yoni, baik secara simbolis maupun naturalis.



Seperti patung seorang lelaki tanpa kepala sedang melakukan onani, atau sebuah pahatan berbentuk rahim perempuan dengan pahatan-pahatan relief dua sisi (kiri dan kanan). Bagian kiri menggambarkan manusia yang lahir dengan sifat dan perilaku baik, sedangkan bagian kanan sebaliknya. Candi Sukuh terdiri dari tiga teras yang masing-masing dibatasi pagar.


Selain kami yang mengunjungi hari itu, banyak juga siswa-siswi yang berkunjung sekedar belajar sejarah langsung disini. Mengenai fasilitas, lokasi wisata candi Sukuh, sangat minim sekali. Yang ada hanya warung kecil yang menjual pernak-pernik dan makanan.


Itulah sekilas mengenai Candi Sukuh yang letaknya berada di Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, eks Karesidenan Surakarta, Jawa Tengah. Satu lagi, bangunan menarik yang patut anda kunjungi saat berada di Jawa Tengah.


Disaranin, jika anda menggunakan kendaraan pribadi untuk ketempat ini gunakanlah mobil diesel bertenaga 2000 cc atau lebih untuk memudahkan perjalanan. Atau tidak ingin repot, menyewa ojek saja dengan tarif standar 5 ribu rupiah.


Candi-candi lainnya yang ada di Jawa Tengah :




Oh ya, sekali lagi, penggunaan perangkat mobile, jika anda suka mengabadikan moment - moment berharga anda sebaiknya disimpan aja. Karena untuk jaringan disini sangatlah sulit.



 ...


Konta kami via email : dotsemarang [at] gmail.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Agenda Jateng Fair 2017

Tahun ini, Jateng Fair 2017 akan digelar mulai tanggal 11 Agustus - 10 September dengan mengusung tema Paradise of Karimunjawa. Gelaran tahunan ini seperti biasa dilaksanakan di kawasan PRPP.

Kepastian tanggal ini sudah dicantumkan dalam spanduk-spanduk yang tersebar di jalan-jalan kota Semarang. Yang menarik dari Jateng Fair 2017 adalah tema yang diusung. Ini artinya pengunjung nanti akan disuguhi nuansa Karimun Jawa.

Bila yang terbiasa datang mengunjungi Jateng Fair, maka konsep acara juga tak beda-beda amat. Seperti panggung hiburan yang bakal dimeriahkan artis-artis. Untuk band yang tampil, kami harap bisa cepat mendapatkan kabar informasi secepatnya.

Lalu, stan-stan yang akan menghiasai. Baik indoor maupun outdoor. Dan tak kalah menarik bagi generasi milenial nanti adalah taman lampion dan wahana permainan. Buat keluarga, destinasi kuliner tentu tak akan terlewatkan.

Mari kita tunggu, seperti apa nuansa dan suasana yang disuguhkan kepada pengunjung besok, saat acara dimulai.

[Upd…

Agenda Semarang Agustus 2017

Selamat datang bulan Agustus. Bulan ini, kita bersiap menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang berusia 72 tahun. Buat kamu yang berkunjung ke Semarang, berikut agenda yang ada di kota kami. 
Agenda rutin  [Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan, jalan Pemuda dan jalan Kartini. Lihat artikelnya di sini.[Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. Lihat artikelnya di sini.
Agenda umum (Akan terus ditambahkan)  [2 - 6 Agustus] - Batik Kraft Vaganza 2017 di Paragon Mall Semarang.[3 - 7 Agustus] - Pameran Komputer di Java Mall. Info klik di sini.[4 - 6 Agustus] - Pameran Pernikahan Tradisional di Gedung UTC.[4 - 6 Agustus] -  BCA Silkair Travel Fair 2017 di DP Mall[5 - 6 Agustus] - Javape …

Jadwal Pameran Komputer Bulan Agustus 2017 : Sudah Ada

Pameran komputer di Semarang untuk bulan Agustus sudah ada ada infonya berikut ini. Menurut dotsemarang, pameran komputer ini merupakan pameran yang kedua sepanjang tahun 2017. Berikut detail jadwal dan lokasi tempatnya.
Info jadwal pameran yang dotsemarang posting rata-rata didapat dari baliho yang ada di jalan. Jadi untuk pertanyaan detail acara, kami tak bisa memberitahu karna kami bukan panitia atau EO pelaksana acara. dotsemarang hanya berbagi info saja.

Bertajuk Semarang Computer Expo 2017, pameran komputer ini berlangsung bulan Agustus, atau tepatnya tanggal 3-7 Agustus, hanya 5 hari dan dimulai hari Kamis. Lokasinya seperti biasa, Java Super Mall Semarang.
Terkahir kami mencatat tentang jadwal pameran handphone adalah bulan Maret 2017, review singkat pameran yang juga dilaksanakan di Java Mall bisa kamu lihat di sini
Sekali lagi, untuk detail info event kami tidak bisa memberitau lebih lengkap. Kami tidak bekerjasama dengan pihak acara.

Update :Ada Apa Saja di Semarang Compu…

Semarang Thal Cake Gelar Pre-Launching, Ngundang Bloger Hingga Komunitas Semarang

Semarang Thal Cake yang beralamat di jalan Sriwijaya No.4 ini menambah daftar tren oleh-oleh kekinian yang sedang menarik dilakukan para artis saat ini. Menarik kiat strategi yang dilakukan Ruben Onsu sebagai owner untuk memperkenalkan bisnisnya ini di Semarang. Penasaran?
Bertempat di lokasi Semarang Thal Cake, Sabtu pagi (15/7), kami turut hadir di acara Pre-Launching yang turut dihadiri pemiliknya, Ruben Onsu. Selain kami, ada beberapa bloger dan komunitas Semarang juga yang diundang untuk hadir, seperti Gandjel Rel, Kompakers, Hijabers, dan Foodgram. 

Alasan Ruben memilih Semarang sebagai kota pertama
Kami masih ingat pada November 2015, Semarang ditetapkan sebagai salah satu destinasi unggulan wisata kuliner unggulan di Indonesia oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya, dalam acara  Dialog Gastronomi Nasional dan Peluncuran Destinasi Wisata Kuliner - Indonesia Spice Up The World. Ulasannya bisa kamu lihat di sini.
Semarang dianggap sudah memiliki standar kelayakan: produk dan daya t…

[Moment] Event Asus The Edge of Beyond di Jakarta

Asus menggelar acara bertajuk The Edge of Beyond yang mengusung tema Tema Less is the New Luxury. Halaman ini, berisikan gambar-gambar yang kami abadikan selama acara dari hotel Pullman, Jakarta. Berikut keseruannya.

Ini adalah halaman dengan format Twitter Moment yang kami buat. Tentang penjelasan moment sendiri, bisa kamu lihat di sini. Saat ini, postingan masih terus diperbarui.

Artikel terkait : [Live Blog] The Edge of Beyond, Lihat Lebih Dekat Acara Asus Ini Di siniMenanti Kejutan Gelaran Asus Bertajuk The Edge of Beyond[Moment] Suasana Launching Acara Zenfinity 2017Foto : Pameran Handphone di Java Mall Bulan April 2017Lainnya dari momentInformasi Kerjasama Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap