Langsung ke konten utama

Masjid Agung Jawa Tengah, Wisata Religi di Semarang


Salah satu masjid kebanggaan warga Semarang adalah Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT). Selain menjadi masjid terbesar di Jawa Tengah, Masjid ini juga menjadi kebanggaan masyarakat Jawa Tengah.


Masjid yang dibangun mulai 2001 dan selesai 2006 itu menawarkan sejumlah venue yang cukup bagus, selain keindahan masjid yang merupakan corak perpadu antara Islam (Arab), Jawa dan Barat. Masjid yang dibangun di atas lahan 10 hektare itu berkonsep dua lantai.


Masjid ini juga dilengkapi dengan perkantoran, tempat ibadah berkapasitas 10.000 orang, enam payung seperti di Masjid Madinah, dan beberapa ruang pertemuan yang eksklusif. Kunjungan wisatawan selalu meningkat tiap tahunnya, sekitar 5 persen. Pendapatan masjid diperoleh dari infak dan kegiatan komersial. Untuk infak rata-rata Rp 35 juta per bulan. Dari pendapatan yang ada kami bisa menutup biaya operasional,’’ ungkap Direktur Operasional MAJT Slamet Prayitno.


Dia menjelaskan, sektor-sektor komersial yang mendatangkan pendapatan bagi MAJT antara lain, hotel yang terdiri atas 22 kamar bertarif dari 300.000 sampai Rp 1 juta, persewaan convention hall, lahan parkir dan kios pedagang. Jadi, tak berlebihan kalau fasilitas itu layak digunakan sebagai tempat penyelenggaraan event-event skala lokal, nasional maupun internasional.


Satu hal yang menjadi unggulan MAJT adalah Menara Alhusna. Dari menerara yang memiliki ketinggian 99 meter (manivestasi asmaulhusna)itu, pengunjung bisa menikmati pemandangan kota semarang dan indahnya Gunung Ungaran di lantai teratas 19.


Pengunjung juga bisa mencicipi sejumlah menu ditawarkan di restoran yang disiapkan di lantai 18. Uniknya, restoran itu bisa memutar pelan searah jarum jam. Pengunjung bisa menikmati sajian dengan melihat pemandangan Kota Semarang ke segala arah.


Sayangnya, pengelolaan restoran itu kurang maksimal. Interior kurang menarik dan terkesan apa adanya. Bahkan, jauh dari kesan berkelas. Terlihat kusen kusen yang sudah termakan cuaca dan kaca jendela yang kurang bersih. Ya, sepertinya masih perlu sentuhan dan perawatan lebih serius agar objek wisata andalan Jateng itu lebih laku dijual.


Original PostingBerharap Wisatawan Betah di Semarang 
Sumber : suaramerdeka.com

...


Kontak kami via email : dotsemarang [at] gmail.com

Komentar

  1. tulisan yang menginspirasi dan saya sangat mengaguminya apa yang telah anda sampaikan, semoga anda terus memberikan ide ide yang baru buat kita semua dan salam sukses selalu buat anda!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Agenda Acara Pasar Imlek Semawis 2018 di Semarang

Jadwal acara pasar Imlek Semawis 2018 jatuh pada tanggal 12-14 Februari, hari Senin - Rabu. Kali ini postingan kami lebih ekslusif daripada tahun-tahun sebelumnya. Sebabnya, kami turut hadir di acara konferensi pers yang dilaksanakan Jumat siang (9/2) di Klenteng Tay Kak Sie.

Kami beruntung bisa terlibat di konferensi pers yang diadakan panitia yang mengundang, kebanyakan awak media untuk mendengarkan pemaparan terkait acara nantinya.

Yang menarik lagi setelah konferensi pers, ada acara selamatan yang membuat pengikut kami di Instagram memuji apa yang dilakukan panitia dengan pembacaan doa (agama islam) yang kami bagikan di stories.

Mereka memuji pembacaan doa selamatan di area Klenteng. Bahkan kami disarankan membuat konten seperti ini, mengingat konten yang bertebaran sekarang di media sosial kebanyakan konten yang kurang menarik (membenci).

Tema Pasar Imlek Semawis (PIS) 2018

Tema tahun ini sangat menarik dan menyesuaikan kondisi yang ada sekarang, yaitu zaman now. Maka tak heran p…

Jadwal Pameran Handphone di Semarang Bulan Februari 2018

Tahun baru Imlek di Semarang kali ini dijadikan momen mengadakan pameran handphone awal tahun 2018. Bila dilihat rentang waktu terakhir pameran diadakan, desember, ini berarti ada jeda 1 bulan kosong yang biasanya awal tahun selalu ada pameran. Ingin ganti hape?

Tuan rumah pameran hape di Semarang kali ini jatuh pada Paragon Mall dan Plasa Simpang Lima Semarang. Tidak ada Java Mall yang identik dengan pameran kali ini. Mungkin tempatnya sedang dipakai pameran lainnya.

Gadget Super Sale by Sinar Mas Selluler (SMS)

Pameran handphone di Paragon Mall digelar dari tanggal 14 Februari - 18 Februari 2018. Sepertinya mengambil momen hari Valentine mengawali pameran ini berlangsung.


Harga Asus Zenfone di Pameran Handphone Semarang Februari 2018
Pameran di Paragon sendiri sudah kami lihat. Saat kami kunjungi hari ini (16/2), mereka berbagi tempat dengan acara dari sebuah Bank yang sedang mengadakan roadshow dengan program menariknya.

Selain berkunjung ke stan ASUS, kami juga mengunjungi stan Nok…

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Agenda Semarang Februari 2018

Selamat datang bulan Februari. Bulan yang dianggap sebagian orang bulan penuh cinta ini bertepatan dengan salah satu acara di kota Semarang, Pasar Imlek Semawis. Berikut daftar acara di kota Semarang selama bulan Februari.

Agenda rutin :
[Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan & Pemuda. [Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan.Agenda lainnya :
[1-12 Feb] - Pameran Otomotif Plasa 2018 di atrium Plasa Simpang Lima Semarang.[12-14 Feb] - Pasar Imlek Semawis 2018. Detail informasi klik di sini.[14-18 Feb] - Pameran Handphone di Paragon Mall.[15-25 Feb] - Pameran Handphone di Plasa Simpang Lima Semarang.[15-26 Feb] - Property Expo Semarang 2 di Mal Ciputra.[16-18 Feb] - Imlek Celebration di…

Review Film Promise

Film Promise rilis di bioskop tanggal 5 Januari 2017 dan merupakan film perdana di tahun ini. Membawa durasi 110 menit dengan segmen remaja (13+) film ini dibintangi Dimas Anggara yang identik dengan film romantis dan kembali berkolaborasi dengan Asep Kusdinar sebagai sutradara.
Awal pembuka tahun yang manis dari Promise. Film bergenre drama asmara ini bukan saja menyuguhkan berbagai keindahan dari background yang dibawa, tapi cerita yang kuat dan akting para pemain yang benar-benar menghanyutkan suasana meski saya tak bisa menangis.
Cerita tidak mudah ketebak tapi selalu menembak
Di awal film, penonton sudah disuguhin pemandangan indah yang terus berlanjut hingga akhir film. Wow. Jogja dan kota Milan, Italia, benar-benar lokasi yang dibuat untuk cerita para pemainnya dengan berbagai kisah. Tentu kisah romantis yang paling dalam dihadirkan di sana.


Dua anak kecil (laki & perempuan) berucap janji tapi tak tahu apa yang dikatakan, dan tiba-tiba Dimas Anggara yang berperan sebagai Ra…