Curug Tujuh Bidadari


Sudah pernah mendengar Curug Tujuh Bidadari? Jika belum ya wajar saja, karena tempat wisata ini memang belum begitu terkenal seperti Grojogan Sewu di Tawang Mangu ataupun Air Terjun Semirang di Ungaran.


Terletak di Desa Keseneng, Kecamatan Sumowono, + 2 km dari barak militer Angkatan Darat RI di Desa Bantir, Kecamatan Sumowono. Air terjun ini merupakan obyek wisata hasil swadaya masyarakat Wakil Bupati Semarang, Hj. Siti Ambar Fathonah.


Keunikan dari air terjun ini adalah jumlah curug / grojogan / air terjunnya yang mencapai 7 (tujuh) buah, sehingga oleh masyarakat sekitar disebut Curug Tujuh Bidadari, yang artinya Air Terjun Tujuh Bidadari. Di sekitar wilayah air terjun terdapat Makam Kyai Mandhung, seorang pengikut setia Pangeran Diponegoro yang dianggap sesepuh ( leluhur yang di-tua-kan ) di desa tersebut. Di tepi air terjun terdapat sebuah sumur tua dengan kedalaman 1,5 meter dengan sumber air yang tidak pernah habis, dan dipercaya berkhasiat serta dapat menyebabkan seseorang menjadi awet muda, cepat memperoleh jodoh, rezeki, jabatan, pangkat dan sebagainya.

untuk menuju lokasinya Dari Ambarawa Bandungan Pertigaan besar di Kawasan Wisata Bandungan belok ke kiri (barat) Pertigaan pasar ambil jalan lurus Kemudian di kiri jalan terdapat papan petunjuk arah menuju Curug 7 Bidadari Ikuti papan petunjuk arah yang melewati jalan pedesaan yang sempit dan berliku.


Curug Tujuh Bidadari terdiri dari beberapa curug kecil, yang membentuk tiga tingkat, dengan kolam berbentuk mangkuk di tiap tingkatnya. Lingkungan di sekitarnya masih berupa pegunungan yang lebat, dan hamparan terasering sawah yang asri dan hijau.


Pengembangan kawasan wisata Curug Tujuh Bidadari ini dilakukan secara swadaya oleh masyarakat Desa Keseneng dan sekitarnya. Saat kami berkunjung ke sana, sedang dilakukan pengerasan jalan dengan batu yang dilakukan sendiri oleh warga. Dengan memanfaatkan batuan yang dibawa aliran sungai sekitar curug.




Tiket Masuk


Dewasa : Rp 2.000,-/orang


Parkir : Rp 1.000,-/orang


Terimakasih


-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Posted by Hamdun


original post : Curug Tuju Bidadari ( Jawa Tengah )
Sumber : http://expedisi24.blogdetik.com

Comments

  1. saya baru denger curug tujuh itu..
    klo mu masuk kesana ada tiket masuknya? berapa tiket masuk untuk ke curug itu?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?