Langsung ke konten utama

6 Oleh-oleh Khas dari Semarang


Udah pernah ke Semarang? Jika sudah, apakah sudah tahu oleh-oleh apa saja yang akan dibawa untuk keluarga, kerabat atau teman saat kembali nanti. Semarang yang memiliki beragam kuliner tentu juga memiliki buah tangan atau oleh-oleh yang beragam, murah dan pastinya enak-enak.


Dikutip dari salah satu blog, dengan pemiliknya yang bernama Nia Perdhani, ia menuliskan pengalamannya berbelanja oleh-oleh khas yang berada di Semarang. Jika membacanya, pasti ingin membeli rasanya. Berikut ada 6 oleh-oleh yang bisa dibawa dari kota Semarang :



1. Loenpia


Loenpia atau Lumpia mungkin salah satu oleh-oleh berbentuk kuliner yang benar-benar paling khas di Semarang, tidak dibawa masuk dari daerah lain. Lumpia pertama kali dibuat oleh seorang keturunan Tionghoa yang menikah dengan orang Indonesia dan menetap di Semarang, Jawa Tengah.


Rental Mobil Semarang Makanan ini mulai dijajakan dan dikenal di Semarang ketika pesta olahraga GANEFO diselenggarakan pada masa pemerintahan Presiden Soekarno. Sampai sekarang, setidaknya ada 3 pusat Lumpia yang paling banyak dikunjungi orang.


a. Lumpia gang Lombok
Harga 10.000/ biji
Buka : jam 08.00 – 17.00


b. Lumpia Mbak Lien (Jl. Pemuda)
Harga 8.000/biji
Buka : jam 09.00 – 21.00


c. Lumpia Express
Harga : 9.000 – 12.000/ biji
Buka : jam 05.00 – 22.00 (hari libur tetap buka)



2. Bandeng Juwana


Melihat namanya, mustinya jenis kuliner ini diimpor dari Juwana, Kabupaten Pati yang memang terkenal dengan hasil olahan lautnya seperti trasi, krupuk udang, krupuk ikan, bandeng presto, bandeng duri cabut, dan belakangan yang sedang populer adalah bakso bandeng.


Entah sejak kapan Bandeng Juwana justru menjadi salah satu ikon kuliner di Semarang. Hampir di setiap toko oleh-oleh yang Anda masuki di Semarang pasti akan menyediakan Bandeng presto dengan berbagai merk. Yang paling sering didatangi pengunjung adalah Bandeng Juwana Elrina di Jalan Pandanaran.


Di sini tersedia olahan bandeng presto dengan beberapa pilihan rasa. Antara lain bandeng presto original, bandeng teriyaki, bandeng asap, bandeng otak-otak, dan bandeng goreng kremes.



3. Wingko Babad Semarang


Sama dengan Bandeng Juwana, wingko ini pastinya juga merupakan kuliner impor dari luar. Alkisah adalah pasangan suami istri D.Mulyono warga Babad Jawa Timur yang kemudian mengungsi ke Semarang. Sang suami bekerja di Stasiun Tawang dan sang istri mencoba mencari penghasilan tambahan dengan membuat dan memasarkan wingko.


Keahlian ini diperolehnya turun temurun di daerah asalnya, Babad. Ternyata makanan ini cocok dengan lidah orang Semarang, dan jadilah ia yang kini dikenal dengan nama Wingko Babad cap Kereta Api D.Mulyono yang sangat populer itu.


Selain versi asli ini, toko-toko oleh-oleh kini pun membuat wingko dengan berbagai pengembangan dan berbagai merk seperti yang bisa Anda temukan di Toko Roti Dryana Semarang.


Harga berkisar antara 3.000 – 3.500/ biji
Wingko Babad Cap Kereta Api buka dari jam 07.00 – 18.00



4. Roti Briliant


Roti ini sangat terkenal di Semarang. Awalnya adalah Luciana Cake yang buka di daerah Jagalan. Sekarang menjadi Istana Roti Brilliant di Simpang Lima Semarang. Rasanya maknyuss, enak tapi tidak eneg, dan tidak seret.


Yang membuat roti ini begitu terkenal adalah daya tahannya yang bisa sampai 60 hari tanpa bahan pengawet, dan tanpa berubah rasa. Rahasianya entah apa tidak pernah dibocorkan oleh pemiliknya.


Harga : berkisar Rp. 100.000 an
Buka : jam 07.30 – 21.00



5. Roti Gandjel Rel


Mirip roti gambang khas Betawi. Aslinya dibuat dari ubi. Namun sekarang sudah diganti dengan tepung terigu atau tepung roti. Roti gandjel rel bercitarasa unik karena rasa kayu manisnya yang tajam.


Roti ini menjadi menu utama pada waktu dugderan dan menjadi makanan hantaran yang menjadi tradisi masyarakat Semarang menjelang Bulan Romadlon tiba. Saat ini yang lumayan populer adalah Roti Gandjel Rel di Toko Roti Dryana.



6. Tahu Bakso Ungaran


Tahu bakso Ungaran yang paling tua adalah tahu bakso Bu Pudji. Tapi sekarang tahu bakso tampaknya sudah menjadi salah satu makanan khas Semarang terutama di daerah Ungaran. Mungkin ini disebabkan oleh Tahu Bandungan yang terkenal itu, dan dikembangkan oleh masyarakat sekitarnya menjadi tahu bakso.


Tahu Bakso Bu Pudji dibanderol 16.000/ 10 biji. Selain tahu bakso bu Pudji banyak juga outlet tahu bakso lain yang dapat Anda temui di sepanjang jalan Ungaran.


Original Posting : 6 Oleh-oleh Spesial dari Semarang Untuk Sanak Kerabat
Sumber : wisata.kompasiana.com
Photo : dotsemarang

...


Informasi dan kerjasama
Hubungi kami disini

Komentar

  1. diantara 6 oleh oleh khas semarang diatas yg belum pernah nyoba no.5 gan,jadi penasaran nih,,,,

    BalasHapus
  2. Waduh sepertinya enak semua ituuuu~

    BalasHapus
  3. I really like your blog.. very nice colors &
    theme. Did you make this website yourself or did you hire someone to do it for you?
    Plz reply as I'm looking to construct my own blog and would like
    to find out where u got this from. many thanks

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Agenda Jateng Fair 2017

Tahun ini, Jateng Fair 2017 akan digelar mulai tanggal 11 Agustus - 10 September dengan mengusung tema Paradise of Karimunjawa. Gelaran tahunan ini seperti biasa dilaksanakan di kawasan PRPP.

Kepastian tanggal ini sudah dicantumkan dalam spanduk-spanduk yang tersebar di jalan-jalan kota Semarang. Yang menarik dari Jateng Fair 2017 adalah tema yang diusung. Ini artinya pengunjung nanti akan disuguhi nuansa Karimun Jawa.

Bila yang terbiasa datang mengunjungi Jateng Fair, maka konsep acara juga tak beda-beda amat. Seperti panggung hiburan yang bakal dimeriahkan artis-artis. Untuk band yang tampil, kami harap bisa cepat mendapatkan kabar informasi secepatnya.

Lalu, stan-stan yang akan menghiasai. Baik indoor maupun outdoor. Dan tak kalah menarik bagi generasi milenial nanti adalah taman lampion dan wahana permainan. Buat keluarga, destinasi kuliner tentu tak akan terlewatkan.

Mari kita tunggu, seperti apa nuansa dan suasana yang disuguhkan kepada pengunjung besok, saat acara dimulai.

[Upd…

Agenda Semarang Agustus 2017

Selamat datang bulan Agustus. Bulan ini, kita bersiap menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang berusia 72 tahun. Buat kamu yang berkunjung ke Semarang, berikut agenda yang ada di kota kami. 
Agenda rutin  [Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan, jalan Pemuda dan jalan Kartini. Lihat artikelnya di sini.[Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. Lihat artikelnya di sini.
Agenda umum (Akan terus ditambahkan)  [2 - 6 Agustus] - Batik Kraft Vaganza 2017 di Paragon Mall Semarang.[3 - 7 Agustus] - Pameran Komputer di Java Mall. Info klik di sini.[4 - 6 Agustus] - Pameran Pernikahan Tradisional di Gedung UTC.[4 - 6 Agustus] -  BCA Silkair Travel Fair 2017 di DP Mall[5 - 6 Agustus] - Javape …

Jadwal Pameran Komputer Bulan Agustus 2017 : Sudah Ada

Pameran komputer di Semarang untuk bulan Agustus sudah ada ada infonya berikut ini. Menurut dotsemarang, pameran komputer ini merupakan pameran yang kedua sepanjang tahun 2017. Berikut detail jadwal dan lokasi tempatnya.
Info jadwal pameran yang dotsemarang posting rata-rata didapat dari baliho yang ada di jalan. Jadi untuk pertanyaan detail acara, kami tak bisa memberitahu karna kami bukan panitia atau EO pelaksana acara. dotsemarang hanya berbagi info saja.

Bertajuk Semarang Computer Expo 2017, pameran komputer ini berlangsung bulan Agustus, atau tepatnya tanggal 3-7 Agustus, hanya 5 hari dan dimulai hari Kamis. Lokasinya seperti biasa, Java Super Mall Semarang.
Terkahir kami mencatat tentang jadwal pameran handphone adalah bulan Maret 2017, review singkat pameran yang juga dilaksanakan di Java Mall bisa kamu lihat di sini
Sekali lagi, untuk detail info event kami tidak bisa memberitau lebih lengkap. Kami tidak bekerjasama dengan pihak acara.

Update :Ada Apa Saja di Semarang Compu…

Semarang Thal Cake Gelar Pre-Launching, Ngundang Bloger Hingga Komunitas Semarang

Semarang Thal Cake yang beralamat di jalan Sriwijaya No.4 ini menambah daftar tren oleh-oleh kekinian yang sedang menarik dilakukan para artis saat ini. Menarik kiat strategi yang dilakukan Ruben Onsu sebagai owner untuk memperkenalkan bisnisnya ini di Semarang. Penasaran?
Bertempat di lokasi Semarang Thal Cake, Sabtu pagi (15/7), kami turut hadir di acara Pre-Launching yang turut dihadiri pemiliknya, Ruben Onsu. Selain kami, ada beberapa bloger dan komunitas Semarang juga yang diundang untuk hadir, seperti Gandjel Rel, Kompakers, Hijabers, dan Foodgram. 

Alasan Ruben memilih Semarang sebagai kota pertama
Kami masih ingat pada November 2015, Semarang ditetapkan sebagai salah satu destinasi unggulan wisata kuliner unggulan di Indonesia oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya, dalam acara  Dialog Gastronomi Nasional dan Peluncuran Destinasi Wisata Kuliner - Indonesia Spice Up The World. Ulasannya bisa kamu lihat di sini.
Semarang dianggap sudah memiliki standar kelayakan: produk dan daya t…

Uber Sudah di Semarang; Masih Layanan Berbasis Car

Layanan transportasi berbasis online ini hadir sejak bulan April 2017 di Semarang. Hingga tulisan ini kami buat, masyarakat hanya dapat menikmati layanan berbasis car atau mobil. Untuk pengguna motor, sepertinya masih belum. Apakah kamu salah satu penggunanya?
Kami sudah merasakan bagaimana memanfaatkan transportasi Uber saat beraktivitas. Bisa dikatakan, harganya paling tinggi di atas layanan sejenisnya, Go Car. Tapi jangan dibandingkan dengan layanan berbasis motor. Pasti sangat jauh.
Bagi yang sudah terbiasa, menggunakan Uber layaknya memiliki mobil pribadi yang tiap kali berangkat selalu berganti-ganti. Sedangkan bagi yang baru mencoba, Uber lebih nyaman digunakan ramai-ramai karena total maksimal penumpang adalah 4 orang. Yang artinya bisa bayar bareng-bareng.
Perbedaan Uber dan kompetitor tidak jauh-jauh amat selain soal harga. Sedangkan untuk aplikasinya sendiri, Uber bisa diunduh di Play Store Android atau iOS. Fiturnya tidak sekaya kompetitor, namun cara penggunaannya tetapl…