Langsung ke konten utama

6 Oleh-oleh Khas dari Semarang


Udah pernah ke Semarang? Jika sudah, apakah sudah tahu oleh-oleh apa saja yang akan dibawa untuk keluarga, kerabat atau teman saat kembali nanti. Semarang yang memiliki beragam kuliner tentu juga memiliki buah tangan atau oleh-oleh yang beragam, murah dan pastinya enak-enak.


Dikutip dari salah satu blog, dengan pemiliknya yang bernama Nia Perdhani, ia menuliskan pengalamannya berbelanja oleh-oleh khas yang berada di Semarang. Jika membacanya, pasti ingin membeli rasanya. Berikut ada 6 oleh-oleh yang bisa dibawa dari kota Semarang :



1. Loenpia


Loenpia atau Lumpia mungkin salah satu oleh-oleh berbentuk kuliner yang benar-benar paling khas di Semarang, tidak dibawa masuk dari daerah lain. Lumpia pertama kali dibuat oleh seorang keturunan Tionghoa yang menikah dengan orang Indonesia dan menetap di Semarang, Jawa Tengah.


Rental Mobil Semarang Makanan ini mulai dijajakan dan dikenal di Semarang ketika pesta olahraga GANEFO diselenggarakan pada masa pemerintahan Presiden Soekarno. Sampai sekarang, setidaknya ada 3 pusat Lumpia yang paling banyak dikunjungi orang.


a. Lumpia gang Lombok
Harga 10.000/ biji
Buka : jam 08.00 – 17.00


b. Lumpia Mbak Lien (Jl. Pemuda)
Harga 8.000/biji
Buka : jam 09.00 – 21.00


c. Lumpia Express
Harga : 9.000 – 12.000/ biji
Buka : jam 05.00 – 22.00 (hari libur tetap buka)



2. Bandeng Juwana


Melihat namanya, mustinya jenis kuliner ini diimpor dari Juwana, Kabupaten Pati yang memang terkenal dengan hasil olahan lautnya seperti trasi, krupuk udang, krupuk ikan, bandeng presto, bandeng duri cabut, dan belakangan yang sedang populer adalah bakso bandeng.


Entah sejak kapan Bandeng Juwana justru menjadi salah satu ikon kuliner di Semarang. Hampir di setiap toko oleh-oleh yang Anda masuki di Semarang pasti akan menyediakan Bandeng presto dengan berbagai merk. Yang paling sering didatangi pengunjung adalah Bandeng Juwana Elrina di Jalan Pandanaran.


Di sini tersedia olahan bandeng presto dengan beberapa pilihan rasa. Antara lain bandeng presto original, bandeng teriyaki, bandeng asap, bandeng otak-otak, dan bandeng goreng kremes.



3. Wingko Babad Semarang


Sama dengan Bandeng Juwana, wingko ini pastinya juga merupakan kuliner impor dari luar. Alkisah adalah pasangan suami istri D.Mulyono warga Babad Jawa Timur yang kemudian mengungsi ke Semarang. Sang suami bekerja di Stasiun Tawang dan sang istri mencoba mencari penghasilan tambahan dengan membuat dan memasarkan wingko.


Keahlian ini diperolehnya turun temurun di daerah asalnya, Babad. Ternyata makanan ini cocok dengan lidah orang Semarang, dan jadilah ia yang kini dikenal dengan nama Wingko Babad cap Kereta Api D.Mulyono yang sangat populer itu.


Selain versi asli ini, toko-toko oleh-oleh kini pun membuat wingko dengan berbagai pengembangan dan berbagai merk seperti yang bisa Anda temukan di Toko Roti Dryana Semarang.


Harga berkisar antara 3.000 – 3.500/ biji
Wingko Babad Cap Kereta Api buka dari jam 07.00 – 18.00



4. Roti Briliant


Roti ini sangat terkenal di Semarang. Awalnya adalah Luciana Cake yang buka di daerah Jagalan. Sekarang menjadi Istana Roti Brilliant di Simpang Lima Semarang. Rasanya maknyuss, enak tapi tidak eneg, dan tidak seret.


Yang membuat roti ini begitu terkenal adalah daya tahannya yang bisa sampai 60 hari tanpa bahan pengawet, dan tanpa berubah rasa. Rahasianya entah apa tidak pernah dibocorkan oleh pemiliknya.


Harga : berkisar Rp. 100.000 an
Buka : jam 07.30 – 21.00



5. Roti Gandjel Rel


Mirip roti gambang khas Betawi. Aslinya dibuat dari ubi. Namun sekarang sudah diganti dengan tepung terigu atau tepung roti. Roti gandjel rel bercitarasa unik karena rasa kayu manisnya yang tajam.


Roti ini menjadi menu utama pada waktu dugderan dan menjadi makanan hantaran yang menjadi tradisi masyarakat Semarang menjelang Bulan Romadlon tiba. Saat ini yang lumayan populer adalah Roti Gandjel Rel di Toko Roti Dryana.



6. Tahu Bakso Ungaran


Tahu bakso Ungaran yang paling tua adalah tahu bakso Bu Pudji. Tapi sekarang tahu bakso tampaknya sudah menjadi salah satu makanan khas Semarang terutama di daerah Ungaran. Mungkin ini disebabkan oleh Tahu Bandungan yang terkenal itu, dan dikembangkan oleh masyarakat sekitarnya menjadi tahu bakso.


Tahu Bakso Bu Pudji dibanderol 16.000/ 10 biji. Selain tahu bakso bu Pudji banyak juga outlet tahu bakso lain yang dapat Anda temui di sepanjang jalan Ungaran.


Original Posting : 6 Oleh-oleh Spesial dari Semarang Untuk Sanak Kerabat
Sumber : wisata.kompasiana.com
Photo : dotsemarang

...


Informasi dan kerjasama
Hubungi kami disini

Komentar

  1. diantara 6 oleh oleh khas semarang diatas yg belum pernah nyoba no.5 gan,jadi penasaran nih,,,,

    BalasHapus
  2. Waduh sepertinya enak semua ituuuu~

    BalasHapus
  3. I really like your blog.. very nice colors &
    theme. Did you make this website yourself or did you hire someone to do it for you?
    Plz reply as I'm looking to construct my own blog and would like
    to find out where u got this from. many thanks

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Video] Peringatan Peristiwa Pertempuran 5 Hari di Semarang Tahun 2017

Salah satu agenda bulan Oktober di Semarang yang berhubungan dengan sejarah adalah Peringatan Pertempuran 5 Hari di Semarang. Peringatan ini selalu digelar tiap tanggal 14 Oktober. Halaman ini berisi video dari Youtube.

Tahun lalu, tanggal 14 Oktober 2016 jatuh pada hari Jumat. Sedangkan tahun ini, tanggal 14 Oktober 2017 jatuh pada hari Sabtu. Selisih sehari saja. Seperti tahun lalu juga, tahun ini kami juga tidak dapat berpartisipasi langsung untuk melihat lebih dekat suasana yang digelar di kawasan Tugu Muda.

Kalau sudah event ini dilaksanakan, ruas jalan menuju Tugu Muda pasti ditutup. Selain ada panggung yang berada tepat di depan Museum Mandala Bhakti, kawasan ini memang harus bebas kendaraan. Dalam peringatan sejarah ini, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menjadi Inspektur Upacara.

Mewakili halaman ini untuk memberikan gambaran suasana selama acara, kami mengambil beberapa video dari Youtube. Sesekali memasukkan video ketimbang foto perlu dilakukan agar konten lebih menarik.



Ada Pusat Toko Handphone di Lantai Basement Java Mall

Java Mall yang kami kenal adalah salah satu tempat pameran handphone maupun komputer yang paling rutin dan konsisten. Animonya selalu bagus ketimbang mal-mal yang ada di Semarang. Dan baru-baru ini, kami mengetahui adanya pusat toko handphone di sini.

Bertepatan dengan pameran handphone yang berlangsung kemarin, Semarang Mobile Expo (Semox) yang digelar dari tanggal 10-16 Oktober, kami mampir ke lantai basement (akses parkir mobil paling bawah). Seperti gambar di atas, begitu suasana yang kami lihat waktu itu. Mungkin sudah kemalaman dan beberapa toko ada yang mengikuti pameran.

Ini kabar baik sebenarnya bila sedang mencari toko handphone saat sedang berkunjung ke mal yang berada di jalan MT. Haryono dan bersebelahan dengan Star hotel ini.

Sayang lokasinya kurang strategis untuk pengunjung seperti kami. Namun berbeda bagi pengunjung yang langsung mengakses mal dari tempat parkir menuju Hypermart.

Untuk mengunjungi pusat handphone di Java Mall yang tidak datang dari lantai basement, k…

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Agenda Semarang Oktober 2017

Selamat datang, Oktober. Bulan ini ada yang sangat spesial buat bloger Indonesia. Kita akan merayakan semangat kebersamaan dengan memaknai hari Blogger Nasional yang jatuh pada tanggal 27 Oktober, besok. Di Semarang sendiri tentu tak kalah seru dengan berbagai acara, yuk datang ke Semarang.
Agenda rutin  [Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan, jalan Pemuda dan jalan Kartini. Lihat artikelnya di sini.[Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. Lihat artikelnya di sini.[Jumat - Minggu] - Sam Poo Kong Warak Ngendok Bazaar Kuliner selama Oktober. Mulai jam 9 pagi sampai 9 malam di Sam Poo Kong.Agenda umum (Akan terus ditambahkan)  [29 September - 1 Oktober] - BSB Property Expo 2017 di Paragon M…

Tips Naik Bus Wisata Semarang Agar Dapat Tempat Duduk

Ini adalah tips sederhana sebenarnya buat yang baru tahu atau memang belum tahu bagaimana mengakses informasi soal bus wisata Semarang yang sedang ramai bulan ini dibicarakan. Kalau kamu termasuk kategori di atas, mungkin bisa mencoba cara berikut ini.
Bus wisata 'Yuk Muter-muter Semarang' memang masih diberi gratis untuk kamu yang ingin mencobanya. Karena difokuskan pada promosi wisata, bus ini menjadi idola baru bagi warga.
Keterbatasan informasi sepertinya menjadi kendala bagi sebagian orang yang tidak tahu cara naik bus wisata ini. Kadang ada yang sudah menunggu, ternyata tidak bisa naik. Alasannya lebih karena kita belum memiliki co card, semacam tiket untuk askes.
Di sini untuk mendapatkan akses tiket dalam bentuk co card

Gambar ini diambil tanggal 10 Oktober, semisal ada perubahan lokasi, kami mohon maklum. Tapi awal-awal, lokasi untuk mendapatkan akses tempat duduk di dalam bus, datang ke sini. Sebelah museum Mandala Bhakti.
Buka mulai jam 7 pagi

Petugas di sini mulai m…